Pengertian: Anchor Text dan Fungsinya

Domain Hosting

Anchor Text, Pengertian, Fungsi dan Manfaat, itulah artikel yang kali ini akan
kita bahas sebagai materi pembahasan. Sebenarnya kalau diperhatikan, anchor 
text tidak begitu penting untuk blog-blog di Indonesia. 


Mengapa? Karena banyak blog yang membahas betapa pentingnya teknik anchor text, namun TIDAK MENGIZINKAN pengunjungnya untuk menggunakan teknik ini dalam berkomentar. Jadi, buat apa dibahas pentingnya, betul tidak?

Lalu kenapa membahas Anchor Text, Pengertian, Fungsi dan Manfaat? Yang pertama, ingin berbagi informasi kepada yang belum tahu tentang apa itu anchor text? Lalu yang kedua, bermaksud untuk sekedar mengeluarkan uneg-uneg seperti diatas. Kembali ke pokok pembahasan, sebelum melebar kemana-mana berikut penjelasannya.

Definisi/ Pengertian Anchor Text

Anchor text adalah sebuah text yang dibuat dengan struktur html tertentu untuk menghasilkan sebuah tautan menuju ke laman situs/ blog. Anchor text atau biasa disebut text jangkar hampir sama dengan text pada umumnya, yang membedakannya yaitu text jangkar mengandung link atau tautan menuju ke laman situs/ blog tertentu, baik itu di homepage maupun langsung ke artikel tertentu dalam sebuah situs/ blog.

Fungsi Anchor Text

Sebagai blogger, anchor text mempunyai fungsi yang sangat penting. Karena anchor text berfungsi untuk menanam backlink ketika melakukan teknik blogwalking dalam berburu backlink. Cara ini dianggap paling fleksibel dari pada menggunakan name/url dan openID, karena bisa menggunakan kata kunci atau turunan dari kata kunci tersebut.

Manfaat Anchor Text

Beberapa manfaat dari anchor text sebagai berikut :

1.  Meningkatkan pageview
2.  Meningkatkan pengunjung blog
3. Memperbanyak backlink, anda dapat membuat 2-3 anchor text dalam 1 kali berkomentar. Dengan catatan blog yang akan anda komentari mengijinkan penggunaan teknik anchor text didalam komentarnya.
4. Memperbanyak keragaman kata kunci, kata yang anda gunakan dalam anchor text akan dianggap sebuah kata kunci oleh search engine dan mempunyai bobot yang lebih tinggi dibandingkan dengan text lain yang tidak mengandung anchor text. Ini berarti anda mempunyai kesempatan menggunakan kata kunci turunan atau sinonim untuk memperbanyak kata kunci yang mungkin banyak pula dicari di search engine.

Cara Membuat Anchor Text

Membuat anchor text sangat mudah, ada dua format yang biasa dipakai untuk pembuatan anchor text :

<a href=”url-blog-anda.com”>Nama Blog Anda</a>

<a href=”url-blog-anda.com” title=”judul-blog-anda”>Nama Blog Anda</a>

Anda hanya perlu menyisipkan kode tersebut dikomentar yang Anda tulis saat blogwalking. Caranya, buat kata-kata untuk komentar Anda terlihat alami (tanpa kata-kata yang dipaksa) dengan kata yang akan Anda gunakan untuk anchor text sekaligus kata kunci (turunan kata kunci) Anda.
Misalnya :

Artikel yang menarik dan sangat bermanfaat, akan saya praktekkan di <a href=”http://domainprofil.com”>Blog Domain Hosting</a> milik saya.

Hasilnya :


Artikel yang menarik dan sangat bermanfaat, akan saya praktekkan di Blog Domain Hosting milik saya.




Pengertian: Anchor Text dan Fungsinya

Bila anda berkomentar dengan kata yang lebih banyak maka semakin banyak pula kemungkinan Anda menaruh anchor text dikomentar tersebut, namun satu yang harus Anda perhatikan untuk tidak terlalu memaksa kata-kata yang Anda gunakan. Usahakan memilih kata-kata yang tepat agar rangkaian kata yang anda gunakan benar-benar sesuai untuk anda letakkan keyword anda. Lalu, fungsi dari kode yang kedua dengan adanya tambahan “title” yaitu untuk memudahkan google spider membaca anchor text Anda. Selain itu juga berfungsi sebagai kata kunci tambahan untuk anchor text yang Anda buat.

Demikian artikel mengenai Anchor Text, Pengertian, Fungsi dan Manfaat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar