Search Engine Marketing Adalah ?

Promosi Digital

Search Engine Marketing Adalah ?

Metode ini sangat diperlukan untuk pemasaran secara digital bagi pebisnis, parawisata, penjualan produk, pendidikan,perusahaan dan usaha lainnya yang media pemasarannya mengunakan website ataupun blog sebagai alat inter aksi nya dengan calon customer.

Apakah Search Engine Marketing

Pada era digital masa sekarang ini, khususnya bagi pebisnis di dunia digital atau yang ingin bersaing di era digital. Tentunya Anda butuh strategi marketing yang bagus sehingga bisa bersaing di era digital masa kini. Strategi marketing yang bisa dicoba contohnya adalah Search Marketing atau Search Engine Marketing.  

Metode search marketing ini merupakan satu dari sekian banyak metode yang ada di dalam internet marketing. Jika search marketing ini digunakan dengan baik dan benar, maka tentunya akan dapat membantu bisnis Anda berkembang pesat di era digital yang semakin lama semakin kompetitif.

Search marketing atau search engine marketing (SEM) adalah praktik pemasaran website di hasil pencarian untuk menghasilkan web traffic yang melimpah. Singkatnya, SEM dapat diartikan membeli traffic khusus dengan cara membayar mesin pencarian seperti Google. Hampir semua mesin pencarian mempunyai fitur search marketing, dari Google sampai Bing. Tetapi  tetap Google lah yang paling sering digunakan, karena Google memang menguasai pasar mesin pencari di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Seorang marketer bisa melakukan bidding terhadap kata kunci yang mereka mau, dengan harapan setiap orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci/keyword tersebut akan memilih website iklan mereka. Nah, terdapat macam-macam format dalam SEM yaitu diantaranya ada yang berbentuk text, berbentuk produk (Product Listing Ads / Shopping Ads), berbentuk review, rating, dan harga yang bersifat visual. Search market yang berbentuk format text biasanya menggunakan Google Adwords, Yahoo Gemini, dan Bing. Tapi biasanya Google Adwords menjadi salah satu pilihan metode yang sangat populer diantara metode Search marketing yang lainnya.

Sekilas tentang Google Adwords Anda pasti sebelumnya sudah sering melihat iklan Google Adwords pada hasil mesin pencarian. Mungkin Anda masih belum menyadari terms dari Google Adwords disini kami akan memberi penjelasan contoh dari iklan Google Adwords dengan kata kunci “jual laptop”. Jadi ketika seseorang mencari dengan kata kunci “jual laptop” maka iklan website milik marketer yang telah melakukan bidding pada kata kunci tersebut, akan muncul dan berada di paling pertama/atas  hasil pencarian. Dan disini munculnya terms Pay Per Click, yang artinya seorang marketer harus membayar kepada Google setiap kali iklannya diklik .

Dalam praktiknya search marketing ini sangat efektif untuk mempromosikan sebuah usaha atau produk di era digital masa kini. Karna pasalnya pengguna Google berada di seluruh dunia bahkan mencapai angka milyaran. Bila situs website atau produkmu ditemukan dan di klik oleh pengguna Google, maka tentunya akan meningkatkan brandawareness. Google pun menyatakan bahwa iklan pada hasil penelusuran bisa meningkatkan brand awareness hingga 80%.

Selain meningkatkan brand awareness, Search Marketing termasuk tools yang sangat menguntungkan. Karena Search Marketing bisa diatur, mulai dari waktu sampai target audiens. Kemudian keuntungan yang didapatkan yaitu Search Marketing bisa dilakukan dengan budget yang terbatas, jadi seorang marketers bisa membayar biaya search marketing ini sesuai budget yang dimiliki. Marketers hanya membayar iklan jika pengguna internet mengunjungi situsnya. Keuntungan SEM yang lain juga bisa meningkatkan konversi. Sederhananya konversi berarti bagaimana usaha Anda menjaring pengguna internet bisa menghasilkan transaksi atau hal lainnya yang menguntungkan. SEM sendiri memang penggerak konversi yang baik untuk semua jenis kampanye yang ingin dilakukan. Mengapa? Karena iklan yang berbayar biasanya dilink kan ke website khusus dengan tujuan konversi. 

Dengan begitu akan ada suatu proses mulai dari iklan ads sampai pengguna internet mengklik iklan ads tersebut, dan sampailah pada sebuah website yang menyediakan sarana transaksi disinilah diharapkan ketika pengunjung website tidak hanya berkunjung, tapi juga melakukan tindakan yang menjadi goal bisnis Anda yaitu juga melakukan transaksi. Nah disini Anda akan menyadari bahwa iklan ads yang dipasang biasanya lebih cocok menjadi tujuan konversi akhir.

Sekian penjelasan tentang Search Marketing atau Search Engine Marketing (SEM). Bagaimana? Sudah tertarik untuk menerapkan Ilmu marketing Anda? Kami harap pemasaran Anda  bisa semakin meningkat setelah mengetahui beberapa penjelasan mengenai Search Marketing dari kami.

Posting Komentar

0 Komentar